NUR, KILPI HIDANA (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA JAWA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK A DI RA MIFTAHUL ULUM PANDANARUM. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (cover dan abstrak)
watermak cover dan abstrak 3 bahasa.pdf - Published Version Download (493kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
watermak BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (739kB) |
![]() |
Text (BAB akhir)
watermak BAB V.pdf - Published Version Download (398kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
watermak DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (505kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
watermak skripsi pol.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan bahasa jawa anak dalam metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan pada kelompok A di RA Miftahul Ulum Pandanarum, studi ini dilaksanakan karena kemampuan bahasa jawa anak pada kelompok A yang belum berkembang dengan baik, hal ini sudah dibuktikan dari hasil pretest yang dilakukan menunjukan bahwa 22 dari 25 kemampuan bahasa jawa anak masih dkategorikan belum berkembang.
Studi ini memiliki tujuan antara lain, mengetahui: 1) Gambaran umum kemampuan bahasa jawa anak pada kelompok A di RA Miftahul Ulum Pandanarum; 2) Kegiatan pembelajaran melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa jawa anak pada kelompok A di RA Miftahul Ulum Pandanarum; 3) Pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bahasa jawa anak pada kelompok A di RA Miftahul Ulum Pandanarum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design yaitu dalam penelitian ini hanya menggunakan kelompok tungal tanpa adanya kelompok pembanding yang diteliti dengan jumlah sampel 25 anak.
Dari hasil dari penilitian ini diketahui sig < 0,05 yaitu 0,000, hal ini dapat dilihat dari angka penilaian rata-rata peningkatan terhadap kemampuan bahasa jawa anak sebelum dan sesudah diberikanya perlakuan atau treatment yaitu 27,76 menjadi 66,56 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh dari metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan bahasa jawa anak sebelum dan ssudah diberikan treatment atau perlakuan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka kesimpulanya adalah metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan bahasa jawa anak pada kelompok A di RA Miftahul Ulum Pandanarum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Jawa anak, Bercerita, Media Boneka Tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:35 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |