PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 1 GONDANG

muhammad, AYI ABDUL MAJID (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 1 GONDANG. Diploma thesis, institut pesantren KH Abdul CHALIM.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (BAB V penutup)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMAN 1 Gondang yang terletak di kecamatan gondang dan memiliki letak geografis yang baik dan meiliki akses yang mendukung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitattif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan dengan cara triangulasi. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui peran dan strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMAN 1 Gondang sehingga kinerja guru meningkat. Manfaat dari penelitian yaitu untuk menjadi referensi bagi pembaca dan pelaksana pendidikan sehingga akan menjadikan gambaran dalam melaksanakan proses pendidikan dengan baik dan berkualitas.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: peran kepala sekolah sebagai motivator yaitu dengan cara menjadikan dirinya sebagai keluarga bagi bawahannya, menjadi sosok orang tua yang bisa mengayomi, dan juga melakukan pendekatan secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian strategi yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru yang pertama adalah pembinaan disiplin, kedisiplinan menjadi faktor utama dalam mencapai kesuksesan, kedua mengikuti pelatihan, upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas individunya, ketiga pemberian motivasi, memberikan stimulus dan pengarahan supaya tetap bekerja dengan penuh semangat, keempat pemberian penghargaan, sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap guru yang memiliki tingkat kinerja yang baik, kelima membuat program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Strategi, Kinerja
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI UAC
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:09
Last Modified: 15 Sep 2025 08:09
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item