PENGARUH METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN QOWA<ID NAHWIYYAH (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB) KELAS VII MTS UNGGULAN HIKMATUL AMANAH BENDUNGAN JATI, PACET, MOJOKERTO

FADILLAH, FADILLAH (2020) PENGARUH METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN QOWA<ID NAHWIYYAH (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB) KELAS VII MTS UNGGULAN HIKMATUL AMANAH BENDUNGAN JATI, PACET, MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1.pdf - Published Version

Download (966kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
3.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Seorang Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih metode atau strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi yang akan diasampaikan kepada siswa. karena dengan memenuhi kriteria diatas, guru dapat menghandel materi yang akan dia ajarkan. Terutama materi qowaid Nahwiyah yang mereka asumsikan materi yang membingunkan. Saah satu cara untuk meningkatkan minat siswa dan pemahaman siswa dalam materi qoawaid yaitu dengan menggunakan pembelajaran aktif metode card sort.
Metode card sort merupaka salah satu metode untuk mempermudah siswa dalam mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Card sort (menyortir kartu) adalah suatu metode yang bisa menuntun siswa dari keadaan yang konkrit menuju konsep-konsep bahasa arab dengan mengembangkan pola berpikir praktis, logis, kritis, dan jujur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode card sort untuk meningkatkan qowaid nahwiyah (Pembelajaran Bahasa Arab kelas VII MTs. Unggulan Hikmatul Amanah Bendungan Jati, Pacet, Mojokerto). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan pengambilan subjek menggunakan teknik sampling
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengujian Mann-Whitney Test yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata dua sampel yang tidak berpasangan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan hasil nilai dari Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan qawaid nahwiyah menggunakan metode card sort dibandingkan dengan metode ceramah secara signifikan, sehingga pengaruh metode card sort lebih besar terhadap qowaid nahwiyah daripada metode konvensional (ceramah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CARD SORT, Qowaid Nahwiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 08 Sep 2020 05:01
Last Modified: 08 Sep 2020 05:01
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item