Nilai Toleransi Beragama Dalam Buku Pabp Dan Implementasinya Di Smk Mardiyuana Cikembar Kabupaten Sukabumi

Iqbal, Purwa Nugraha (2023) Nilai Toleransi Beragama Dalam Buku Pabp Dan Implementasinya Di Smk Mardiyuana Cikembar Kabupaten Sukabumi. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS IQBAL PURWA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Toleransi merupakan kondisi untuk menciptakan keharmonisan antar umat beragama serta menghormati perbedaan. Sikap toleransi harus diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, sebagaimana Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 juga mengatur tentang pendidikan. 20 tahun 2003, yang mengatur tentang sistem pendidikan di Indonesia yang menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar secara aktif dalam mengembangkan potensi agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan. hasil pengamatan dan wawancara mengambarkan toleransi antara agama pada SMK Mardi Yuana Cikembar sudah secara sepenuhnya berjalan dengan baik diantaranya pengakuan beragama dengan baik, kerukunan dan kebersamaan, saling mengasihi, aman dan damai serta Kurikulum dan kebijakan sekolah SMK Mardi Yuana yang bertoleransi antar agama. Bentuk pendidikan toleransi antar umat beragama pada siswa di SMK Mardi Yuana melalui kurikulum yaitu mata pelajaran pendidikan Budi Pekerti dan Pendidikan agama. Sehingga terwujudnya toleransi antar umat beragama di SMK Mardi Yuana, berinteraksi antar sesama baik itu siswa yang beragama kristen maupun islam sebagai hubungan dua individu atau lebih yang tingkah lakunya mempengaruhi satu sama lain. Faktor pendukung nilai toleransi beragama diantaranya yaitu Kepala sekolah dan seluruh bagian dari sekolah mendukung pembelajaran, mengayomi, menghormati. Terjadi kerjasama seluruh warga sekolah untuk bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan cukup maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Pendidikan, Kebijakan, Nilai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Sep 2025 04:43
Last Modified: 04 Sep 2025 04:43
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item