Nurul, Jannah (2024) Manajemen Strategi Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah SMP Daarul Qur’an Jambi. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (341kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB Akhir dan Kesimpulan)
BAB VI AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (125kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS NURUL JANNAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Guru sebagai nahkoda dalam menciptakan keunggulan peserta didik dituntut untuk memiliki kompetensi manajerial dan startegi yang mamadai karena manajemen dan startegi yang baik dari guru akan dapat mendorong tercipta kinerjanya sesuai dengan kompetensi profesional yang diharapkan.oleh sebab itu diperlukan adanya manajemen startegi kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Manajemen satretgi kinerja ini telah diterapkan di SMP Daarul Qur’an Jambi, dimana sekolah ini guru memiliki manajemen dan startegi berbasis kinerja yang diterapkan dalam setiap pelaksaan proses pembelajaran di sekolah ini, sehingga yang menciptakan out put yang sangat berkualiatas baik secara akademik, moral dan keterampilan. Guna membuktikan hal tersebut, maka diperlukan studi kasus penelitian lebih lanjut, untuk itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai manajemen startegi peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMP Daarul Qur’an Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perilaku manajemen dan stretegi guru dalam proses pembelajaran di SMP Daarul Qur’an Jambi, yang mencakup: (1) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah (2) Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Dalam Manajemen Peningkatan Kinerja Guru dikarenakan Guru harus mampu menciptakan suasana yang kondusif dan inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar yakni dengan membimbing peserta didik dalam rangka memperdayakan sumber daya manusia secara optimal sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber triangulasi metode dan trianggulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen peningkatan kinerja guru menghasilkan model manajemen berbasis kinerja yakni model campuran dari model peningkatan kinerja Deming, Torrington dan Ken Blanchard & Gerry Ridge dengan menyusun desain perencanaan pembelajaran yang disusun dan dirumuskan sebagai harapan kerja, pembinaan secara demokratis dengan bentuk musyawarah dalam forum halaqoh, penugasan, mendatangkan nara sumber, melaksanakan studi lanjut, melaksanakan Studi banding dan melaksanakan pengembangan dan pembinaan guru (diklat, pelatihan, workshop) serta adanya evaluasi penilaian kinerja.2) Strategi peningkatan kinerja guru meliputi Langkah-langkah dan Penilaian yakni melaksanakan musyawarah dengan penanaman nilai-nilai islami agar terciptanya iklim kerja kondusif dengan fasilitas yang memadai, penghargaan (reward) dan adanya supervisi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Strategi Peningkatan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 07:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 07:53 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |