Mohammad, Syaefullah (2023) MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF MADRASAH-PESANTREN (STUDI MULTISITUS DI MTS NU PATROL KAB. INDRAMAYU DAN PONDOK PESANTREN ASY-SYARIFIYYAH SUNAN GUNUNG JATI). Masters thesis, universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (412kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (193kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (219kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu fenomena yang menjadi perhatian besar dalam Kurikulum 2013 adalah merosotnya sikap moral masyarakat Indonesia belakangan ini. Mulyasa mengkhawatirkan ini menjadi bukti terjadinya pergeseran nilai menuju kehancuran, atau pembentukan nilai-nilai baru atas dasar pragmatisme, materialisme, hedonisme, sekularisme, bahkan atheisme. Dalam membentuk karakter atau akhlak mulia, Indonesia sudah sejak lama telah memiliki model pendidikan yang sukses membentuk karakter anak bangsa dalam sistem pendidikan “pesantren”. Oleh sebab itu, perpaduan pesantren ke dalam sistem pendidikan formal-seperti sekolah dan madrasah - menjadi penting untuk diterapkan dewasa ini.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum integratif madrasah-pesantren di MTs NU PATROL. kedua, untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum integratif madrasah-pesantren di Pondok Pesantren Asy-Syarifiyyah Sunan Gunung Jati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan satuan analisis berupa kasus majemuk atau studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian di MTs NU PATROL dan Pondok Pesantren Asy-Syarifiyyah Sunan Gunung Jati ini adalah:
1) Perencanaan kurikulum integratif madrasah-pesantren di dilakukan dengan:
a. Mengintegrasikan tujuan kurikulum dan
b. Mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum.
2) Pelaksanaan kurikulum integratif madrasah- pesantren dilakukan dengan:
a. Mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan
b. Mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum.
3) Evaluasi kurikulum integratif madrasah-pesantren dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara madrasah dan pesantren, yang meliputi:
a. Evaluasi konteks kurikulum,
b. Evaluasi input kurikulum,
c. Evaluasi proses kurikulum dan
d. Evaluasi produk kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum Integratif, Kurikulum Madrasah, Kurikulum Pesantren. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:00 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |