Nurma, Elsya (2023) Manajemen Sekolah Dalam Implementasi Program Asesmen Nasional Di Smp Darul Abrar Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (334kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB AKHIR PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (186kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS NURMA ELSYA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Untuk mewujudkan amanat dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pemerintah senantiasa melakukan pembaharuan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Sebelum adanya Asesmen Nasional sistem evaluasi peserta didik dari segi kognitif dikenal dengan Ujian Nasional. Pelaksanaan ujian nasional dengan sistem UNKP dinilai memiliki beberapa kekurangan secara teknis yakni “kertas jawaban peserta ujian yang tidak diperbolehkan basah, terlipat, robek hingga jawaban soal ujian yang diisukan tersebar menyebabkan peserta didik sebagai peserta ujian menjadi tidak fokus dan tak jarang menurunkan motivasi peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah mulai menerapkan sistem evaluasi pendidikan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Dalam pelaksanaannya, sistem ujian berbasis komputer secara berkelanjutan di kembangkan menjadi Asesmen Nasional yang secara resmi pada tanggal 10 Desember 2019.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Manajemen sekolah dalam implementasi Program Asesmen Nasional di SMP Swasta Darul Abrar? (2) Bagaimana Manajemen Sekolah Mengevaluasi Program Asesmen Nasional di SMP Swasta Darul Abrar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Upaya peneliti untuk menganalisa data dilakukan dengan teknik interaktif dari pengumpulan data hingga selesai pengumpulan data secara terus menerus. Upaya pengecekan keabsahan data yang peneliti gunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Perencanaan implementasi Asesmen Nasional di SMP Swasta Darul Abrar dilaksanakan mengacu pada beberapa aspek, yaitu tujuan, sasaran dan langkah-langlah pelaksanaannya. Sedangkan untuk melancarkan implementasi manajemen Asesmen Nasional berpegang pada beberapa tahapan , yaitu: dimulai dari rapat perumusan dan perencanaan, kemudian pelaksanaannya yang dibagi menjadi strategi untuk siswa dan strategi untuk panitia. (2) SMP Swasta Darul Abrar dalam hal mengevaluasi mengupayakan agar siswanya tetap dapat memperbanyak literasi. Serta mungkin penerapan pemelajaran yang holistik dengan memanfaatkan dan mengembangkan seluruh potensi siswa/siswi secara balance bisa menjadi alternatif pilihan satuan lembaga pendidikan untuk mengcover literasi dan numerasi yang dibutuhkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sekolah, Implementasi, Asesmen Nasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Aug 2025 04:36 |
Last Modified: | 16 Aug 2025 04:36 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |