Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Wustha Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki

Bahri, Syaiful Bahri (2020) Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Wustha Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Bahri_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bahri_Bab Awal (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
3. Bahri_Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Bahri_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Bahri_Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meski tergolong baru berdiri lembaga pendidikan diniyah formal tingkat wustha pondok pesantren Al-Ishlah Besuki sangat diminati oleh masyarakat dekat maupun jauh dengan cara memondokkan anaknya ke pesantren tersebut. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian di pondok pesantren tersebut khususnya di Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Formal Tingkat Wustha dengan judul Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Diniyah Formal Tingkat Wustha di Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki.
Penelitian ini berfokus pada : 1). Bagaimana pelaksanaan TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan diniyah formal khususnya ditingkat wustha, 2). Faktor pendukung dan 3). Faktor penghambat dari pelaksanaan TQM dalam meingkatkan mutu pendidikan diniyah formal tangkat wustha. Dari fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1). Pelaksanaan TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Diniyah Formal Tingkat Wustha di Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki, 2). Faktor pendukung dan 3). Faktor penghambatnya.
Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, ini berguna untuk mendapatkan data yang lengkap, mendalam, kredibel dan bermakna mengenai objek yang diteliti yaitu pelaksanaan TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan diniyah formal tingkat wustha di Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki. Untuk mendapatkan data yang relevan pada penelitian ini penulis menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi, deskripsi / penyajian data dan pengambilan keputusan serta verifikasi atau menyimpulkan data.
Setelah dilakukan analisis data tentang pelaksanaan total quality management dalam meningkatkan mutu pendidikan diniyah formal tingkat wustha di Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki bahwa lembaga tersebut telah melakukan perbaikan dalam rangka memaksimalkan daya saing lembaga guna memenuhi kepuasan dari pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal guna terwujudnya visi, misi dan tujuan madrasah, telah pula melakukan perbaikan manajemen ke arah yang lebih baik sebagai aplikasi dari obsesi terhadap kualitas dan selalu menerapkan kinerja yang dilakukan secara bersama-sama disetiap bidang maupun antar bidang guna mencapai tujuan bersama sebagai aplikasi dari unsur kerjasama tim, sebagai faktor pendukung dari pelaksanaan TQM di lembaga tersebut walaupun masih ada faktor penghambatnya yaitu dari adanya keterbatasan waktu dan biaya serta masih adanya elemen madrasah yang tidak sepenuhnya mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, Mutu Pendidikan, Pendidikan Diniyah Formal tingkat Wustha.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:00
Last Modified: 04 Sep 2020 09:00
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item