Internalisasi Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Tripusat Pendidikan (Studi Terapan Di Mi Kalifa Nusantara Dan Sd Al-Hijriyah Bali)

Misbahudin, Misbahudin (2023) Internalisasi Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Tripusat Pendidikan (Studi Terapan Di Mi Kalifa Nusantara Dan Sd Al-Hijriyah Bali). Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS MISBAHUDDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, 1) bagaimana bentuk nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Kalifa Nusantara dan SD Al-Hijriyah? 2) bagaimana proses internalisasi nilai Islam Moderat di MI Kalifa Nusantara dan SD Al-Hijriyah? 3) Bagaimana Implikasi internalisasi nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Kalifa Nusantara dan SD Al-Hijriyah melalui tripusat pendidikan.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, WAKA Kurikulum dan siswa Kelas IV dan kelas V, observasi dilakukan di sekolah masing-masing dan peneliti mengikuti pembelajaran langsung, dan dokumentasi seperti buku Modul, LKS, struktur organisasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk Nilai Islam Moderat di MI Kalifa Nusantara dan SD Al-Hijriyah adalah: tawassuth, tawazzun, tasammuh, i’tidal, shidiq, syura’, tajrid, tajdid 2) proses internalisasi nilai Islam Moderat di MI Kalifa Nusantara dan SD Al-Hijriyah melalui 3 tahap, tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai 3) implikasinya tercermin pada sikap sosial, toleran dan moderasinya. Perbedaannya jika di MI Kalifa Nusantara menunjukkan perwujudan ukhuwah islamiyah persaudaraan sesama muslim, ukhuwah basyariyah yaitu sesama manusia, dan ukhuwah wathaniyah yaitu dalam bangsa. Sedangkan di SD Al-Hijriyah memandang Islam sebagai din al Hadarah atau Islam berkemajuan, yang mana agama Islam memuat konsep atau petunjuk dan keyakinan untuk memotivasi manusia agar hidup dalam berkemajuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Islam Moderat, Tripusat Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:53
Last Modified: 08 Aug 2025 04:53
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item