Manajemen Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sd Islam Tabanan

Cindy, Anggraini Widodo (2023) Manajemen Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sd Islam Tabanan. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB AKHIR PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS CINDY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa rata-rata kegiatan pembelajaran pada peserta didik lebih berorientasi ke bidang akademik dan parsial. Kurangnya perhatian khusus terhadap pengembangan karakter pada peserta didik menjadi salah satu factor utama minimnya pengembangan kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan dan mengaplikasikan pengetahuannya di kehidupan sehari-hari. Karena hal itu siswa perlu diarahkan untuk dapat mengembangkan seluruh aspek potensi yang dimilikinya, di sekolah ini menumbuhkan karakter berakhlak mulia, berkompetensi dan berjiwa nasionalis. Pendekatan yang dilakukan oleh lembaga SD Islam Tabanan yaitu dengan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Berdasarkan hal tersebut, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pendidikan holistik berbasis karakter di SD Islam Tabanan. Fokus penelitian pada perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan kurikulum dengan pendekatan holistik berbasis karakter di sekolah tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif, dan SD Islam Tabanan sebagai lokasi penelitian. Penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan kurikulum holistik berbasis karakter yang dilakukan di SD Islam Tabanan. Langkah awal Guru-guru dibekali dengan pembinaan dan pelatihan pembelajaran holistik berkarakter dan Pembelajaran siswa didasari dari observasi, dengan pendekatan diferensiasi dan pemetaannya dengan asesmen diagnostik. 2) Pengorganisasian mempunyai Skruktur organisasi kepengurusan. Seluruh komponen sekolah bersinergi dalam menjalankan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. 3). pendidikan kurikulum holistik berbasis karakter dilakukan dengan pembelajaran integratif kontekstual. Dikemas dengan menarik dan disesuaikan dengan diferensiasi karakteristik siswa untuk mampu mengakomodir minat bakat peserta didik. 4). Evaluasi pendidikan holistik berbasis karakter dilakukan rutin secara reflektif oleh tim pengembang kurikulum sekolah berdasarkan data yang telah dikumpulkan pada evaluasi pembelajaran, dengan pembinaan dan pelatihan untuk guru dan staff. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik berbasis karakter ini telah berhasil dalam menumbuhkan karakter pada siswa SD Islam Tabanan Dalam proses pengajarannya, pendekatan ini mengembangkan dua jenis pembalajaran yaitu Program penumbuhan holistik berkarakter, dan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran dengan kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Holistik, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 27 Jul 2025 01:08
Last Modified: 27 Jul 2025 01:08
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item