Surtini, Surtini (2023) Strategi Guru PAI Dalam Membimbing Pengamalan Ajaran Agama Islam Pada Siswa SDN 2 Galagamba. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (358kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB AKHIR PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (61kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (181kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS SURTINI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Guru adalah orang yang dipercaya dan diberikan tanggung jawab untuk mendidik dan membimbing siswa. Ditangannyalah kunci keberhasilan sebuah pembelajaran. Oleh karena itu dia harus memiliki strategi yang akan membantunya untuk memberikan pengetahuan dan bimbingan tersebut, agar pengajaran yang diaberikan dapat dengan mudah diterimasiswa. Materi Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah yang terdiridari Al- Qur’an, akidah, ibadah, fiqih, tarikh dan kebudayaan Islam merupakan materi PAI yang harus disampaikan kepada siswa. Dengan materi-materi tersebut diharapkan siswa dapat membekali dirinya dengan pengetahuan agama yang berguna buat kehidupannya. Oleh karena itu seorang guru disamping memberikan pengetahuan juga membimbing siswa-siswanya untuk mengamalkan ajaran yang terkandung di dalam materi tersebut, karena tujuan akhir dari pembelajaran agama, bahwa siswa mampu mengamalkan dalam kehidupan. Permasalahannya tentang strategi guru PAI dalam membimbing pengamalanajaran agama Islam pada siswa SDN 2 Galagamba, bagaimana hasil bimbingannya dan apa saja faktor yang mempengaruhi Strategi guru tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian dikriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumenter. Dan uji keabsahan data dengan teknik trianggulasi dan objektifitas peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam membimbing pengamalan ajaran Agama Islam padasiswa SDN 2 Galagamba yaitu dengan merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang hendak dicapai. Melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan memaknai kegiatan belajar. (2) Hasil bimbingan pengamalan yaitu: Siswa memahami materi pelajaran, aktif dalam mengikuti pelajaran agama dan juga kegiatan keagamaan dan mengamalkan nilai-nilai khususnya yang ada dalam materi pelajaran. Diharapkan dengan penerapan strategi ini dapat dikembangkan lagi, untuk keberhasilan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Pengamalan Ajaran Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:54 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |