Kusnan, Budyo Utomo (2024) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI UPT SD NEGERI 173 GRESIK KECAMATAN WRINGIN ANOM KABUPATEN GRESIK. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto.
|
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak Tesis Kusnan.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
|
Text (BAB 1 Tesis)
Bab 1 Watermark Tesis Kusnan.pdf - Published Version Download (612kB) |
|
|
Text (BAB 6 Tesis)
Bab 6 Watermark Tesis Kusnan.pdf Download (77kB) |
|
|
Text (Daftar Rujukan Tesis Kusnan)
Daftar Rujukan Watermark Tesis Kusnan.pdf Download (373kB) |
|
|
Text (Tesis Kusnan Full)
Tesis Kusnan Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Supervisi akademik dibutuhkan sebagai pengawasan yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidik melalui usaha memotivasi, mebimbing, membina, dan mengarahkan individu terkait dengan kegiatan akademik guna meningkatkan kinerja serta produktivitas kerja guru.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu, 1) Menganalisis strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SD Negeri 173 Gresik.., 2) Menganalisis model supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SD Negeri 173 Gresik., 3) Menganalisis dampak supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SD Negeri 173 Gresik.
Sedangkan jenis penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan penelitian studi kasus di UPT SD Negeri 173 Gresik, Kabupaten Gresik.
Hasil dari penelitian ini yaitu, Pertama, Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu melalui perencanakan supervisi akademik kepala UPT SD Negeri 173 Gresik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru mulai dari kepala sekolah hingga membentuk tim pembimbing. Kemudian tim yang telah dibentuk merumuskan tujuan, menetapkan tujuan, membuat jadwal dan mereview instrumen monitoring akademik. Kemudian perencanaan program supervisi akademik dilakukan secara rutin setiap awal tahun ajaran baru. Penyusunan program supervisi akademik meliputi keseluruhan proses pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kedua, Model supervisi akademik yang dilakukan olah kepala sekolah adalah supervisi artistik baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti; teknik kunjungan kelas, terjadwal dan terprogram, teknik temporer tak terjadwal, via online, pembicaraan diskusi pribadi/ pembicaraan individual, diskusi kelompok, dan rapat sekolah. Ketiga, Kegiatan supervisi akademik kepala sekolah UPT SD Negeri 173 Gresik dalam peningkatan kinerja akademik membawah perubahan, diantaranya; a) Memberikan masukan dengan memberikan contoh RPP (Rencana Program Pembelajaran) yang baik, b) Diadakan bimbingan dan diskusi serta memberikan konsultasi kepada guru untuk memperbaiki penyusunan perencanaan pembelajaran yang baik, c) Kepala UPT SD Negeri 173 Gresik memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan pembuatan perencanaan pembelajaran, d) Kepala sekolah memberikan himbauan kepada guru untuk selalu mengupdate diri.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:54 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 04:54 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

