Nana, Supriatna (2023) Implementasi Active Learning Dalam Pembelajaran Pai Di Smk Negeri Tegalwaru Purwakarta. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (289kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V (PENUTUP DAN KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS NANA SUPRIATNA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Guru memiliki peran krusial dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar. Mereka harus berperan sebagai fasilitator yang mendorong kemauan belajar siswa, menciptakan kondisi belajar yang relevan dan menyenangkan, serta menerapkan pembatasan positif sebagai seorang pengajar. Dengan menggunakan model pembelajaran active learning dalam Pendidikan Agama Islam, diharapkan hasil belajar siswa meningkat dan kemampuan mereka berkembang lebih baik. Model active learning memberikan peluang bagi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan siswa secara menyeluruh.
Penelitian ini menerapkan model penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta. Data penelitian diperoleh secara langsung dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, maupun siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi (pengamatan), wawancara, dan pengumpulan data dari dokumentasi yang sudah ada. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui proses editing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta memberikan banyak manfaat bagi siswa dalam memahami materi pelajaran, terutama dalam materi Pendidikan Agama Islam. Model ini melibatkan siswa dalam diskusi kelompok, debat, jigsaw learning, serta pembelajaran berbentuk permainan. Keuntungan lain dari penerapan model active learning ini adalah peningkatan prestasi siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta telah terbukti sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini disebabkan karena siswa terlibat secara aktif, bekerjasama, dan berinteraksi satu sama lain dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Active Learning, PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 08:21 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 08:21 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |