Ratnah, Ratnah (2023) Implementasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smk Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung Prov. Bali. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (358kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (479kB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP DAN KESIMPULAN)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (135kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (205kB) |
![]() |
Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS RATNAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Moderasi beragama yang diimplementasikan di sekolah memiliki tujuan untuk ikut membendung arus radikalisme dan memutus mata rantai intoleransi. SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung adalah salah satu sekolah di Kabupaten Klungkung Bali yang mempunyai komposisi sama antara siswa Hindu dan Muslim. Sebanyak 350 siswa SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung, 101 orang beragama Islam dan 249 orang beragama Hindu. Berdasarkan data sekolah menengah atas di Kabupaten Klungkung, terdapat 18 lembaga SMA/K. Sekolah yang memiliki siswa muslim terbanyak hanya ada di dua sekolah yakni SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung dan SMKN 1 Klungkung. 16 sekolah menengah atas lainnya memiliki siswa muslim di bawah 15 orang.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah nilai-nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung? 3) Bagaimanakah implikasi implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang: 1). Nilai-nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam. 2) Implementasi nilai- nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung. 3). Implikasi yang terjadi atas implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Teknologi Informatika (TI) Bali Global Klungkung.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus.Lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu SMK Teknologi Informatika (TI)Bali Global Klungkung Prov. Teknik penentuan informan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah teknik purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data atau proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini ada tiga macam, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam di SMK TI Bali Global Klungkung yang muncul dalam penelitian ini ada10 nilai berikut; pertama keadilan/ tegak lurus (’adalah), kedua keseimbangan (tawazun), ketiga toleransi (tasamuh), keempat tengah-tengah (tawassuth), kelima cinta tanah air (muwathonah), keenam musyawarah (asy-syura), ketujuh perbaikan (ishlah), kedelapan kepeloporan (qudwah), kesembilan anti kekerasan (la “uruf), dan kesepuluh ramah budaya (i’tiraf al ‘uruf). 2) Penerapan nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam di SMK TI Bali Global Klungkung dilakukan dengan konsep gabungan/ eklektik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Moderasi Beragama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 08:26 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |