Manajemen Kurikulum dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MAN 1 Musi Rawas

Ahmad, Sayfudin (2023) Manajemen Kurikulum dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MAN 1 Musi Rawas. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V (PENUTUP) DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS AHMAD SAYFUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang meningkatnya peminat terhadap madrasah disituasi masyarakat mengeluhkan atas menurunnya karakter anak usia sekolah dan pandangan bahwa siswa siswi madrasah adalah siswa buangan dari sekolah umum. MAN 1 Musi Rawas ialah lembaga pendidikan berbasis agama dan mampu eksis dan bersaing dengan sekolah umum serta memiliki siswa berkarakter yang baik sehingga menjadi magnet masyarakat untuk bergabung dengan MAN 1 Musi Rawas dan berkeinginan menjadi lulusan yang mampu bersaing serta memiliki karakter yang baik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Musi Rawas dan (2) mengetahui karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Musi Rawas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
Studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Musi Rawas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, ewan guru, staf TU, siswa dan masyarakat. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Kurikulum dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik MAN 1 Musi Rawas terdiri atas: 1) Perencanaan kurikulum yang dilakukan dengan menyesuaikan perumusan tujuan pendidikan karakter yang mengacu pada visi dan misi madrasah. 2) Pengorganisasian terdiri atas intrakulikuler dan ekstrakulikuler. 3) Pelaksanaan kurikulum dua hal yaitu pelaksanaan pembagian tugas bimbingan dalam belajar dan pelaksanaan pembinaan ekstra kurikuler. 4) Evaluasi kurikulum meliputi: Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi Kenaikan Kelas, Evaluasi Bulanan, Evaluasi Semesteran, Evaluasi MGMP. (2) Karakter peserta didik MAN 1 Musi Rawas sesuai dengan fokus peneliti adalah: 1) Nilai Religius, peserta didik telah mendapat pendidikan karakter dengan nilai religius dengan direpresentasikan melakukan kegiatan bernuansa religi. 2) Nilai disiplin, nilai ini direpresentasikan denangan peserta didik menta’ati aturan madrasah baik pakaian, kehadiran ataupun sikap. 3) Nilai Peduli Sosial, sikap ini dilakukan oleh peserta didik dengan melakukan kegiatan sosial baik di dalam ataupun di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Madrasah, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Jul 2025 09:07
Last Modified: 19 Jul 2025 09:07
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item