PERAN GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM TABANAN

Siti, Rahma (2023) PERAN GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM TABANAN. Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS SITI RAHMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Selain mengajar dan mendidik, guru PAI juga berperan menanamkan ilmu
pengetahuan agama islam dengan tujuan menyiapkan kader islam yang mempunyai
nilai religius. Untuk melakukan perubahan sosial (amar ma’ruf nahi munkar) maka
guru PAI harus memposisikan diri seba gai model atau sentral identifikasi diri dan
konsultan bagi peserta didik.
Penelitian berfokus pada: 1) Bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Tabanan? Bagaimana peran Guru
PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik Sekolah Dasar di Tabanan?
Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam
Tabanan.
Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.
Pengumpulan data melalui wawancara guru PAI dan WAKA Kurikulum. Observasi
dilakukan langsung di sekolah dengan peneliti mengikuti pembelajaran langsung,
dan dokumentasi Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa melalui proses belajar adalah dengan memberi bimbingan,
menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, memberi pujian serta
memberikan penilaian. 2) Peran guru PAI dalam dalam upaya penguatan
pendidikan karakter adalah sebagai informator, organisator, motivator,
pembimbing, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator dan evaluator. 3) Faktor
pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tabanan diantaranya
adalah a) Faktor pendukung, kesadaran dari siswa dan orang tua tentang pentingnya
motivasi dan karakter baik serta terjalinnya kerjasama antara sekolah dan komite
tentang penguatan pendidikan karakter. b) Faktor penghambat, kurangnya
kesadaran siswa, kesibukan orang tua, lingkungan tempat tiggal serta
penyalahgunaan
teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Motivasi Belajar, Penguatan Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Jul 2025 08:58
Last Modified: 19 Jul 2025 08:58
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item View Item