Gito, Ariandi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS III A MI DWI DASAWARSA. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Halaman Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (338kB) |
|
Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB VI.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
Daftar Rujukan.pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Dwi Dasa Warsa. Guru masih menyampaikan pembelajaran menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran cenderung monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukannya penelitian pada pembelajaran tematik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran tematik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) khususnya tema 8 Praja Muda Karana subtema 3 Aku Suka Berpetualang, dapat meningkatkan hasil belajar tiap siklus. Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yaitu 59% meningkat menjadi 70,83% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Demikian pembelajaran CTL dapat meningkatkan pembelajaran tematik khususnya tema 8 Praja Muda Karana subtema 3 Aku Suka Berpetualang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 06:01 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 06:01 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/402 |
Actions (login required)
View Item |