STRATEGI GURU PAI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI MTSN 2 CIANJUR (Studi Deskriptif Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cianjur Kabupaten Cianjur)

Miftah, Zaenudin (2023) STRATEGI GURU PAI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI MTSN 2 CIANJUR (Studi Deskriptif Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cianjur Kabupaten Cianjur). Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS MIFTAH ZAENUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Krisis karakter siswa pascacovid-19 terjadi sebagai akibat berhentinya
layanan pendidikan dan pembelajaran pada siswa secara langsung atau tatap
muka. Sehingga terjadi learning loss bukan saja pada materi pembelajaran atau
pengetahuan siswa namun terjadi pula pada sifat dan karakternya. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk m e ndeksripsikan dan menganalisis
secara empiris tentang Strategi guru PAI terhadap pendidikan karakter pada
siswa MTS Negeri 2 Cianjur Kabupaten Cianjur? Faktor pendukung dan
penghambat guru PAI dalam menerapkan Strategi Pendidikan Karakter.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Tujuannya adalah untuk menggambarkan secara empiris megenai perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program serrtifikasi, kinerja guru
pascasertifikasi serta menganalisis kendala yang dihadapi beserta solusinya. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru Pendidikan Agama Islam
terhadap pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 2 Cianjur telah
terlaksana dengan baik dengan strategi pembiasaan positif pendidikan karakter
yang melibatkan pembentukan kebiasaan positif di sekolah maupun di lingkungan
keluarga dan masyarakat.
Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru PAI Dalam Membentuk
Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 2 Cianjur yaitu kondisi lingkungan
yang nyaman dan relegius yang didukung oleh kebiasaan positif yang dibawa
sejak dari rumah sebagai implikasi dari Pendidikan keluarga dan masyarakat serta
selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kearipan local, juga latar belakang orang tua
yang tinggi sehingga memberi perhatian yang intens terhadap peserta didik dan
dalam memilih teman sebaya yang berprilaku baik sehingga mendorong dan dapat
memotivasi dengan hal postif. Faktor Penghambat dalam pembentukan karakter
lainnya adalah, media sosial, latar belakang peserta didik yang berbeda dan
lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Guru PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 07 Jul 2025 09:16
Last Modified: 07 Jul 2025 09:16
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item