Mohamad, Fachrur Rozi (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS GERAKAN LITERASI (Studi Kasus di UPTD SMPN 1 Sindang Kabupaten Indramayu). Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (339kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 5 Penutup)
BAB AKHIR PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (237kB) |
![]() |
Text (Tesis Fulltext)
TESIS MOHAMAD FACHRUR ROZI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan telah menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi
dengan cepat dimana semua informasi dapat diperoleh. Literasi merupakan salah
satu dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar
sebagai sumber mencari referensi, mengidentifikasi, mengakses, mengevaluasi, dan
menggabungkan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudahan
mengakses berbagai informasi perlu disikapi dengan cermat oleh seorang pendidik
dengan cara meningkatkan kompetensi literasi digital untuk menciptakan tatanan
masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif. Untuk itu
manajemen pengembangan literasi digital merupakan salah satu indikator
pencapaian dalam bidang pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana literasi dalam
pembelajaran pendidikan agama islam di UPTD SMPN 1 Sindang (2) untuk
menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman tentang manajemen peningkatan
kemampuan literasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di UPTD SMPN
1 Sindang (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen
peningkatan literasi ddalam pembelajaran pendidikan agama islam di UPTD
SMPN 1 Sindang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif untuk mendeskripsikan UPTD SMPN 1 Sindang Kabupaten Indramayu
peningkatan kompetensi literasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam,
dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data menggunakan proses reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi dalam pembelajaran
pendidikan agama islam antara lain untuk meningkatkan pembelajaran, untuk
mengakses informasi dan pencarian informasi dari di dalamnya, digunakan sebagai
sarana komunikasi dalam penyampai materi pembelajaran, dipergunakan untuk
mengevaluasi serta menyaring berbagai sumber informasi dalam pembelajaran. (2)
UPTD SMPN 1 Sindang Kabupaten Indramayu peningkatan literasi dalam
pembelajaran pendidikan agama islam di UPTD SMPN 1 Sindang Kabupaten
Indramayu meliputi penguatan karakter dan tanggung jawab dalam menggunakan
media sebagai sarana pembelajaran, pemberian pemahaman akan pentingnya
literasi dengan menyiapkan ragam sumber bacaan, pembiasaan untuk membaca
dan menggunakan media dalam proses belajar mengajar, menyiapkan pembelajaran
(3) Faktor pendukung dan penghambat manajemen peningkatan literasi dalam
pembelajaran pendidikan agama islam di UPTD SMPN 1 Sindang Kabupaten
Indramayu antara lain, adanya dukungan yang penuh dari sekolah seperti
pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana adapun faktor penghambatnya adalah
kurangnya disiplin peserta didik dalam mengerjakan literasi, adanya kesulitan
dalam memilih informasi yang tepat dan sesuai materi pembelajaran,tidak
meratanya kompetensi dalam menganalisis dan menyimpulkan referensi sumber .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 09:06 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 09:06 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |