Model Multiliterasi Dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang

Dwi, mutiansi (2023) Model Multiliterasi Dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang. Masters thesis, Insitut pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text
COVER LUAR1.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model multiliterasi dalam kitab fathul qorib diharap peserta didik mampu membaca situasi yang ada di masyarakat luas dan memberi respon dengan memberikan solusi yaitu dengan mengangkat permasalahan yang terjadi di masyarakat baik melalui multimedia dan memberi respon melalui media, oleh karena itu peserta didik dapat berperan dalam kelas dengan mengangkat permasalahan yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan materi ajar kitab fathul qorib.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan model multiliterasi pembelajaran dalam kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang, pelaksanaan model multiliterasi pembelajaran dalam kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang, dan evaluasi model multiliterasi pembelajaran dalam kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan model multiliterasi dalam pembelajaran kitab kuning: Menerapkan metode Amsilati, Penerapan Billingual, Kajian kitab dengan metode bandongan dan sorogan. Mempersiapkan sarana dan prasarana. b) Pelaksanaan model multiliterasi dalam pembelajaran kitab fathul qorib: Kegiatan metode sorogan dan bandongan meningkatkan kemampuan dalam membaca kitab kuning secara benar sesuai ilmu nahwu/shorof. Menyimak dalam mendengarkan pembacaan ustad/ustazah, santri dituntut memiliki keterampilan menulis yang cakap sehingga dapat menuliskan makna yang dibacakan oleh ustad/ustazah secara cepat dan tepat. Keterampilan berbicara yang baik membantu menjelaskan hasil pemahamannya terhadap kitab yang dipelajarinya. Keterampilan penguasaan media digital adalah keterampilan yang mendukung kompetensi multiliterasi. c) Evaluasi model multiliterasi dalam pembelajaran kitab fathul qorib: Menguji bacaan santri dan pemahaman terhadap teks yang telah dibaca. Penilaian menulis dilihat dari lembar kerja proses yang berisi nilai hasil tugas. Penilaian keterampilan lisan dihasilkan dari tes lisan. Mengunakan kitab kuning berbasis digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model, Multiliterasi, Kitab Fathul Qorib
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Jun 2025 09:13
Last Modified: 23 Jun 2025 09:13
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item