Ulil, Aidi (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PRESPEKTIF KITAB AQIDATUL AWAM DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH AL-FATAH MOJOSARI. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (297kB) |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (100kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (210kB) |
![]() |
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter religious merupakan merupakan pendidikan yang berbasis keagamaan melalui keteladanan, pengarahan, penugasan (praktek), pembelajaran dan pembiasaan, yang melibatkan peserta didik Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-fatah Mojosari.
Penelitian berfokus pada : (1) Bagaimana pendidikan karakter didalam kitab akidatul awam di madrasah diniyah takmiliyah awaliyah al-Fatah? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius dalam perspektif kitab akidatul awam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Fatah ?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Pendidikan Karakter didalam kitab Akidatul awam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-fatah, antara lain: a. Mengawali segala kegiatan dengan mengucap Basmalah b. Meneladani sifat wajib Rosul sifat wajib rosul sifat فطانة (cerdas),الصدق (jujur atau benar),تبليغ (menyampaikan), dan الامانة (dapat dipercaya). c. Membenarkan segala hal yang memang suatu kebenaran d. Ustadzah atau guru menanamkan kecerdasan dengan menjelaskan sifat-sifat yang ada, menghayati dan memberikan arahan dalam bertindak sesuai nilai-nilai kebajikan.
(2) implementasi pendidikan karakter religius dalam perspektif kitab akidatul awam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Fata, peneliti uraikan sebagai berikut: a. pendidikan karakter religious merupakan pendidikan yang berbasis keagamaan melalui keteladanan, pengarahan, penugasan (praktek), pembelajaran dan pembiasaan. b. Pembelajaran kitab Akidatul awam memiliki nilai-nilai religious seperti: memulai pembelajaran dengan berdoa, dilanjut membaca nadzoman Akidatul awam, peserta didik juga dituntut menghafalkan sifat-sifat bagi Allah SWT, menghafalkan sifat bagi Rosul serta meneladani sifat tersebut, menghafalkan nama-nama malaikat dan menghafalkan nama-nama nabi serta keluarga nabi c. Lingkungan tempat tinggal peserta didik dimana peserta didik tinggal di pondok pesantren sehinnga pendidikan karakter religius terlaksana dengan pembiasaan keagamaan antara lain: wajib sholat 5 waktu berjamaah, sholat malam, dzikir malam setelah sholat malam,istighosah setelah sholat subuh, mengaji Al-quran bagi santri yang sudah mahir dalam mengaji ditekankan menghafalkan surat Yasin, Al-mulk, Al-waqiah dan Ar-rahman sedangkan yang belum mahir dilakukan bimbingan, dan mengikuti pengajian kitab oleh abah yai. d. tingkat keimanan peserta didik sangat mempengaruhi karakter peserta didik dengan meningkatnya keimanan, peserta didik memiliki akhlak yang mulia, menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-larangannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Kitab Akidatul Awam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:53 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:53 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |