EVALUASI KESIAPAN GURU PAI DALAM MELAKSANAKAN FULL DAY SCHOOL DI SDN KECIK I KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO

Nurul, Ismindari (2020) EVALUASI KESIAPAN GURU PAI DALAM MELAKSANAKAN FULL DAY SCHOOL DI SDN KECIK I KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
1. COVER & ABSTRAK Nurul.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (TESIS ALL)
5. Tesis Bu Nurul All.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Full Day School sebagai model pendidikan terkadang bisa tidak memberikan kemanfaatan bilamana belum dikelola dengan baik. Pengelolaan full day school sebagai penentu kualitas pendidikan, dengan demikian, mendorong guru PAI untuk selalu menjalankannya se-manageable mungkin melalui evaluasi yang optimal. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana evaluasi kesiapan guru PAI dalam melaksanakan full day school di SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo?, 2) Apa kendala yang dihadapi dalam evaluasi kesiapan guru PAI dalam melaksanakan full day school di SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo? Tujuan dari penelitian ini mengetahui evaluasi dan kendala kesiapan guru PAI dalam melaksanakan full day school di SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mana penelitian ini melakukan penyelidikan dengan menggambarkan keadaan objek maupun subjek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya dengan data-data berupa kata-kata atau lisan oleh orang atau perilaku yang dapat diamati.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Evaluasi kesiapan guru PAI dalam melaksanakan full day school di SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo dalam melaksanakan Kurikulum 2013 ditinjau dari segi konteks, yang meliputi: kemampuan kognitif, afektif guru tergolong siap dari segi input yang meliputi kemampuan guru merencanakan tujuan, mengorganisasi, memotivasi, mendorong dan mensimulasi siswa tergolong siap, dari segi proses yang meliputi kemampuan guru membuat RPP, melaksanakan proses pembelajaran dan/penilaian hasil belajar tergolong siap. 2. Kendala yang dihadapi pada evaluasi kesiapan guru dalam melaksanakan full day school PAI di SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo, antara lain pada segi konteks adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman mereka tentang konsep Kurikulum 2013, dan untuk mengatasi kendala tersebut adalah perlu adanya diklat di luar kampus (DDK), pada segi input adalah dalam hal memotivasi, mendorong, dan menstimulasi siswa. Solusi yang dapat ditempuh guru PAI SDN Kecik 1 Besuk Probolinggo untuk mengatasi kendala ini, antara lain: (1) Sekolah segera melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013, (2) mengatur jadwal mengajar guru sedemikian rupa, dimana masing-masing guru mendapatkan waktu satu hari bebas mengajar, pada segi proses, kendala utama yang dihadapi guru PAI SDN Kecik 1 Probolinggo adalah berkaitan dengan proses penilaian Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kesiapan Guru PAI, Full Day School
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:47
Last Modified: 01 Sep 2020 03:47
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item