Syarifah, Zulfa Ulfiyatus (2024) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS THORIQUL ULUM PACET MOJOKERTO). Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (198kB) |
![]() |
Text (SKRIPSII FULL)
SKRIPSII FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru pada pelajaran sejarah kebudayaan islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Thoriqul Ulum. Serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut. Dalam pembelajaran, perencanaan strategi sangat penting adanya. Hal ini akan menentukan arah, tujuan, dan mengevaluasi sejauh mana tingkat pemahaman materi sejarah kebudayaan islam pada peserta didik.
Penelitian ini peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berfokus pada strategi guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Thoriqul Ulum. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi data. Untuk teknik uji keabsahan data peneliti menggunakan trangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh guru sejarah kebudayaan islam pada kelas VIII adalah strategi kooperatif dengan menggunakan teknik ceramah yang di kombinasikan dengan penggunaan media visual maupun media audio-visual. (2) Adapun faktor pendukungnya ialah minat belajar peserta didik terhadap semangat belajar, dukungan dari pihak sekolah yakni pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran, serta lingkungan belajar yang baik dan mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain pola pikir peserta didik yang cenderung mengira bahwa pelajaran sejarah kebudayaan islam merupakan pelajaran sejarah yang harus dihafal, peserta didik tidak mau merespon terhadap guru dalam memberikan motivasi, dan jam pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 08 May 2025 08:15 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |