Mochammad, Hendrik (2022) Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMKN 1 Kota Probolinggo. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (416kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (174kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (51kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (133kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMKN 1 Kota Probolinggo. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Intitut Pesantren KH. Abdul Chalim, Pembimbing : Dr. Ari Kartiko, S.T, M.M
Kata Kunci : Sarana Prasarana Pendidikan, Kompetensi Guru, Mutu pendidikan
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui sebarapa besar pengaruh sarana prasarana pendidikan dan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan. Dengan adanya sarana prasarana pendidikan yang lengkap dan kompetensi guru yang mapan, maka akan berdampak positif terhadap mutu pendidikan. Hal tersebut akan menciptakan kualitas mutu yang bagus dalam sebuah lembaga sekolah.
Analisis ini menggunakan variabel independen sarana prasarana pendidikan dan kompetensi guru dan variabel dependennya adalah mutu pendidikan. Sampel yang ada dalam penelitian ini adalah para guru di SMKN 1 Kota Probolinggo. Di dalam penelitian ini, teknik yang dipakai ialah non probability sampling yang menggunakan sampel jenuh dan juga menggunakan SPSS statistics versi 25. Adapun pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden sebanyak 86 orang.
Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa (1) Sarana Prasarana Pendidikan (X1) dan Kompetensi Guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (Y) di SMKN 1 Kota Probolinggo, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini, terdapat pengaruh X1 terhadap Y secara persial yang ditunjukan bahwa nilai Thitung>Ttabel yaitu 2,748 > 1,98896 dan hasil nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,007 < 0,05). (2) Kompetensi Guru X2 terhadap Y secara persial bahwa nilai Thitung>Ttabel yaitu 2,652 > 1,98896 dan hasil nilai siginikansi kurang dari 0,05 (0,010<0,05). Sarana Prasrana pendidikan dan Kompetensi Guru berpengaruh positif dan simultan terhadap Mutu Pendidikan di SMKN 1 Kota Probolinggo. Hal ini ditunjukan dari nilai f-hitung>f-tabel (5,810>3,11) dengan hasil signifikansi kurang dari 0,05 (0,004<0,05).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana Prasarana Pendidikan, Kompetensi Guru, Mutu pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI UAC |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 08:57 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:57 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |