IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN GURU PAI DI SMP HIDAYATUL ISLAMIYAH KABUPATEN PROBOLINGGO

Sukur, Sukur (2020) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN GURU PAI DI SMP HIDAYATUL ISLAMIYAH KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrack)
01. COVER Dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 SUKUR ( 1 - 19 ).pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V SUKUR ( 115 - 117 ).pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12. DAFTAR PUSTAKA ( 118 - 122).pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (Tesis Full Finish)
Tesis FINISH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan akademik. Supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan akademik. Dengan demikian, berarti, esensial supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya.
Dalam penelitian ini memfokuskan pada tiga permasalahan, yaitu: 1). Bagaimana implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan perencanaan pembelajaran guru PAI di SMPS Hidayatul Islamiyah Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020 ? 2). Bagaimana implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran guru PAI di SMPS Hidayatul Islamiyah Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020 ?, dan 3). Bagaimana implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan evaluasi pembelajaran guru PAI di SMPS Hidayatul Islamiyah Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020 ?.
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan mendiskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran guru PAI di SMPS Hidayatul Islamiyah Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research.)
Dari hasil temuan data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Di SMP Hidayatul Islamiyah ini sudah melakukan perencanaan sebagai persiapan dalam proses belajar mengajar. antara lain meliputi: a) penentuan tujuan pengajaran, b) pemilihan materi sesuai dengan waktu, c) strategi optimum, d) alat dan sumber, e) kegiatan belajar siswa, dan f) evaluasi. Dan Kepala sekolah sebagai seorang supervisor telah melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap guru PAI dalam penyusunan Rencana Pembelajaran. 2). Bahwa Kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik menggunkan teknik pertemuan guru mata pelajaran PAI dan teknik kunjungan Kelas. 3). Evaluasi pembelajaran PAI dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sudah merujuk pada kopetensi (SKL, SK, dan KD), Secara periodik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Keterampilan Pembelajaran, dan Guru PAI.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:38
Last Modified: 27 Aug 2020 05:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item