Mochammad, Syafi’udin Al-Khaq (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH TERHADAP MILENIAL. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (861kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version Download (178kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (507kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh + Motto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan perkembangan teknologi telah menciptakan satu perubahan besar
dalam kehidupan manusia. Termasuk dalam aspek komunikasi dan spiritualitas,
teknologi memiliki peranan yang sangat signifikan. Masyarakat hari ini tak lagi
hanya berkomunikasi secara fisik, namun juga dapat melalui virtual. Hal itu lah
yang kemudian secara langsung juga berdampak kepada hal-hal di bidang spiritual,
seperti strategi dakwah dalam memanfaatkan media sosial.
Penelitian ini secara spesifik mengulas terkait pemanfaatan media sosial
Youtube sebagai media dakwah. Adapun subjek penelitian yang digunakan ialah
media Youtube Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam. Tujuan dari penelitian ini
ialah memahami jangkauan efisiensi Youtube sebagai media komunikasi dalam
strategi dakwah di Youtube Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pendekatan
deskriptif. Adapun data diperoleh melalui wawancara dengan Yusril Fahmi, S.Pd.,
sebagai pengelola Youtube Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman. Selain itu juga
terdapat teknik dokumentasi sebagai strategi pengambilan data. Adapun analisis
yang digunakan ialah analisis isi, dengan pengolahan dari data yang telah
terkumpulkan.
Adapun hasil dari penelitian ialah Youtube Yayasan Pesantren Nurul Islam
sebagai media dakwah telah membawa pengaruh positif dan akan terus
dikembangkan dengan strategi-strategi pemanfaatan media sosial sebagai
komunikasi dakwah generasi millennial. Namun tidak menutup kemungkinan
bahwa cepatnya perkembangan zaman menuntut pembaharuan dalam strategi
pemanfaatan Youtube sebagai komunikasi dakwah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | youtube, media dakwah, media sosial, generasi milenial |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Pendakwah |
Depositing User: | S1 KPI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 06:40 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 06:40 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |