PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH DINIYAH SABILUL HIDAYAH DLANGGU

Imam, Machmudi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH DINIYAH SABILUL HIDAYAH DLANGGU. Diploma thesis, Institut pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Model Pembelajaran tadzkirah memberikan pengertian dari konsepsi tentang anak belajar lebih baik mengalami sendiri melalui kegiatan dalam lingkungan alamiah. Dengan harapan mampu menumbuhkan nilai-nilai akhlakul karimah di Madrasah Diniyah Sabilul Hidayah Dlanggu Mojokerto.
Tujuan peneliti ini yaitu, 1) mengetahui cara Penerapan Model Pembelajaran Tadzkirah dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah di Madrasah Diniyah Sabilul Hidayah Dlanggu Mojokerto, dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menerapkan Model Pembelajaran Tadzkirah dalam penumbuhan Nilai-nilai Akhlakul Karimah di Madrasah Diniyah Sabilul Hidayah Dlanggu.
Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Adapun temuan peneliti ini adalah : 1. Penerapan Model Pembelajaran Tadzkirah dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah di Madrasah Diniyah Sabilul Hidayah Dlanggu Mojokerto. Penerapan model Pembelajaran dilaksanakan dengan dengan beberapa tahapan meliputi, a. Perencanaan; 1) pembentukan buku pedoman Madrasah, 2) membuat Jadwal Kegiatan harian, jadwal pelajaran promes, prota, b. Pelaksanaan; penerapan model pembelajaran dilaksanakan baik dalam materi bahan ajar dan kegiatan sehari-hari, c. Evaluasi; 1) pelaksanaan evaluasi dikontrol oleh rapat bulanan pendidik, 2) melakukan ulangan harian, 3) Pendidik melakukan evaluasi dengan melakukan diskusi serta tes lisan. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam penerapan model pembelajaran tadzkirah dalam menumbuhkan nilai-nilai akhlakul karimah di madrasah Diniyah Sabilul Hidayah Dlanggu Mojokerto. a. Faktor Pendukung; 1) Sarana dan Prasarana, 2) Orang Tua, 3) Keteladanan Pendidik, 4) Kerja sama seluruh pendidik b. Faktor Penghambat; 1) Lingkungan, 2) Sosial, 3) menganggap remeh pelajaran, 4) tidak tahu kegunaan dari pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tadzkirah, Akhlakul Karimah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 05 May 2025 11:18
Last Modified: 05 May 2025 11:18
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3590

Actions (login required)

View Item View Item