PENGARUH METODE MUHASABAH TERHADAP PENANAMAN NILAI DISIPLIN SISWA DI SMK SUNAN BONANG MARON PROBOLINGGO

Nurul, Hasanah (2020) PENGARUH METODE MUHASABAH TERHADAP PENANAMAN NILAI DISIPLIN SISWA DI SMK SUNAN BONANG MARON PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS NURUL HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode Muhasabah dalam menanamkan nilai disiplin siswa di SMK Sunan Bonang Maron Probolinggo Jawa Timur serta besar kecilnya pengaruh metode tersebut dalam menanamkan nilai disiplin siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Agustus 2019.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen (pre-experimental design). Metode eksperimen digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode Muhasabah dalam menanamkan nilai disiplin dan rasa tanggung jawab siswa dengan analisis uji tanda (Related Samples Sign Test), yaitu dengan membedakan nilai pre-test dengan nilai post-test untuk mengetahui ada atau tidak adanya perubahan kedisiplin dan tanggung jawab siswa. Adanya perubahan tersebut ditandai dengan tanda positif (yang berarti ada peningkatan), tanda negative (yang berarti mengalami penurunan), dan tanda nol (yang berarti tidak ada perubahan/tetap). Instrument yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 21 item pernyataan tentang disiplin dan 26 item pernyataan tentang tanggung jawab.
Setelah dilakukan eksperimen dan pengukuran tentang kedisiplinan, pada tabel output Frequencies, didapat; Negative Differencesa = 6 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda negatif (-). Positive Differencesb = 69 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda positif (+). Tiesc = 17 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda nol (0). Dan Total = 92 adalah menyatakan jumlah keseluruhan tanda (positif, negatif, maupun nol.) sedangkan untuk variable tanggung jawab pada tabel output Frequencies, didapat; Negative Differencesa = 14 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda negatif (-). Positive Differencesb = 63 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda positif (+). Tiesc = 15 adalah menyatakan jumlah yang menghasilkan tanda nol (0). Dan Total = 92 adalah menyatakan jumlah keseluruhan tanda (positif, negatif, maupun nol.)
Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada masing-masing variabel disiplin dan tanggung jawab = 0.000 yang berarti signifikan. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai hitung dengan nilai kritik = 0,05. Dari hasil output SPSS, didapat nilai hitung yang lebih kecil dari nilai kritik = 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan metode Muhasabah terhadap penanaman nilai disiplin dan rasa tanggung jawab siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Muhasabah, Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:34
Last Modified: 26 Nov 2024 07:34
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item