PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH DZULQORNAIN KECAMATAN PUNGGING

Siti, Mujayanah (2022) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH DZULQORNAIN KECAMATAN PUNGGING. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi Full)
siti mujayanah print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekolah sebagai salah satu lembaga, yang mengemban tugas dan fungsi untuk mengupayakan, meningkatkan dan membina potensi-potensi para siswa agar memiliki suatu kualitas dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam hidup bermasyarakat. Literasi atau pengetahuan bisa menjadi pendukung untuk menjadikan manusia lebih baik dan berwawasan literasi yang baik akan menghantarkan pada hasil belajar yang baik dan perilaku konsumsi yang baik pula. Penelitian bertujuan untuk mengkaji berapa besar pengaruh literasi ekonomi dan hasil belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi peserta didik Madrasah Aliyah Dzulqornain Kecamatan Pungging.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode skala likert. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII madrasah aliyah dzulqornain yang berjumlah 49 dengan sampel yang berjumlah semua populasi . instrumen pengumpulan data dalam penelitihan ini berupa tes, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1).berdasarkan uji parsial atau uji t, tidak terdapat pengaruh yang signifikan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi peserta didik Madrasah Aliyah Dzulqornain Kecamatan Pungging dengan taraf signifikan 0.753 lebih besar 0,05 (2) berdasarkan uji parsial dan uji t, terdapat pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi peserta didik Madrasah Aliyah Dzulqornain Kecamatan Pungging dengan taraf signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05 (3) berdasarkan uji simultan atau F, terdapat pengaruh yang signifikan literasi Ekonomi dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi peserta didik Madrasah Aliyah Dzulqornain Kecamatan Pungging dengan taraf signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05. (4) berdasarkan uji R2 (koefisien determinasi) menunjukkan hasil sebesar 52.8%. Hal ini dapat diartikan bahwa variable X1 dan X2 berpengaruh terhadap variable Y dan 47.2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di sebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Literasi Ekonomi, Hasil Belajar Ekonomi, Perilaku Konsumsi
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 03 Dec 2024 08:01
Last Modified: 03 Dec 2024 08:01
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item