Rika, Rahmawati (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Di Kelas V Mi Darussalam. Diploma thesis, Universitas K.H Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (75kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Matematika mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan, namun pendidikan di Indonesia dalam bidang matematika belum bisa dikatakan baik. Hal ini sesuai dengan hasil PISA 2022 bahwa Indonesia mengalami kenaikan peringkat sebanyak 5-6 posisi namun masih berada di posisi bawah dari negara lain dalam kemampuan matematika. Pembelajaran matematika masih dianggap sulit dan tidak menyenangkan oleh siswa sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat menjadi solusi karena dapat menarik minat siswa dan lebih memahami pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran.
Tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pre-experimental design berupa bentuk One group pretest & posttest. Sampel penelitian sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis.
Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan sebesar 33,33 sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan sebesar 67,52. Hasil uji paired sampel t test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 09:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 09:55 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3457 |
Actions (login required)
View Item |