MANAJEMEN PRASARANA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TUAL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU SEKOLAH

Yahya, Yahya Rumaf (2022) MANAJEMEN PRASARANA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TUAL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU SEKOLAH. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah sebagai wahana mengembangkan pengetahuan, bakat dan minat peserta didik sehingga pendidikan dapat membentuk karakter seseorang, perlu proses belajar yang relevan berdasarkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Prasarana sebagai salah satu sumber dasar dalam mendukung pencapaian tujuan pendidikan melalui sekolah. Sehingga dalam upaya mewujudkan visi pendidikan tersebut, sekolah kerap dihadapkan pada berbagai permasalahan salah satunya prasarana. Selain itu, sumber daya manusia atau tenaga kependidikan sebagai fondasi utama agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi individu maupun pemerintah tanpa terkecuali MIN 1 Tual.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga peneliti secara langsung hadir sebagai pengumpul data di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Kantor Kemeterian Agama Kota Tual, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Tenaga Teknis, dan pendidik. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan memberchek
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen prasarana pendidikan di MIN 1 Tual dilaksanakan berdasarkan siklus manajemen sarana dan prasarana yaitu perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan dan penghapusan. Sedangkan pengembangan sumber daya tenaga kependidikan dilaksanakan meliputi perencanaan, pengadaan atau rekrutmen, pelaksanaan program pelatihan dan lokakarya secara komprehensif baik di dalam (on the job training) maupun di luar lingkungan madrasah (off the job training), pengawasan dan evaluasi. dalam perspektif manajemen mutu sebagai upaya perencanaan, pengendalian, penjaminan dan peningkatan mutu di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Romi Siswanto, M.Si NIP. 19720502 200501 1 001
Uncontrolled Keywords: Manajemen Prasarana, Pengembangan Tenaga Kependidikan, Manajemen Mutu Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:36
Last Modified: 08 Oct 2024 08:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item