Mishbahul, Ilmi (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DI MTs DARUL ULUM NGABAR JETIS MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (372kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
Text (Tesis Full)
TF.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Islam merupakan agama yang membawa kedamaian di dunia, namun eksklusifitas dan ekstremisme dalam beragama membuat citra Islam menjadi buru. Di sinilah pentingnya moderasi beragama dibangun atas dasar filosofi universal dalam hubungan sosial kemanusiaan. Mts Darul Ulum Ngabar sebagai lembaga pendidikan formal yang mampu melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama bagis siswa melalui kegiatan pembelajaran juga kegiatan-kegiatan lain yang ada di sekolah.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam penguatan karakter religius di MTS Darul Ulum Ngabar, 2) Untuk menganalisis nilai-nilai moderasi beragama dalam penguatan karakter religius di MTS Darul Ulum Ngabar, 2) Untuk menganalisis hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam penguatan karakter religius di MTS Darul Ulum Ngabar .
Hasil dari penelitian itu yaitu: pertama, Nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat di MTs Darul Ulum Ngabar merujuk pada nilai-nilai moderasi beragama Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu 1) komitmen kebangsaan, 2) toleransi, 3) anti-kekerasan, dan 4) akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Kedua, Strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di MTs Darul Ulum Ngabar meliputi 4 hal yaitu melalui : (1) kegiatan yang bersifat intrakurikuler seperti pemberian materi di kelas tentang moderasi beragama melalui mata pelajaran aqidah akhlak (2) kegiatan kokurikuler seperti Pembiasaan Kegiatan di MTs Darul Ulum Ngabar seperti puasa senin kamis, istighosah bersama pada setiap hari jum’at, dan sholat dhuha bersama, pembacaan asmaul husna, dzikir, serta sholawat setiap pagi hari sebelum pembelajaran dimulai dan perayaan hari- hari besar islam, penegakan tata tertib madrasah, kegiatan inisiator muda moderasi beragama, MaTSaMa (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (3) ekstrakurikuler seperti pramuka, rohis, dan (4) kegiatan keagamaan seperti kajian kitab kuning, pembacaan sholawat, maulid barjanzi dan pembacaan tahlil. Ketiga, Hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di MTs Darul Ulum Ngabar terhadap peserta didik mencakup 3 hal, yakni: (1) aspek kognitif atau moral knowing yang ditandai dengan pengetahuan yang baik tentang konsep moderasi beragama, (2) aspek afektif atau moral feeling, dan (3) aspek psikomotorik atau moral action yang ditandai dengan munculnya sikap serta perilaku peserta didik yang nasionalis, toleran, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, nilai-nilai moderasi beragama, karakter religius |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3301 |
Actions (login required)
View Item |