M. SAHRUN, NIZAM (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI ERA PEMBELAJARAN ABAD 21 (Studi SMK Pusat Keunggulan Al-Azhar Menganti Gresik). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak Indonesia-Inggris-Arab)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (741kB) |
|
Text (Bab VI Penutup Kesimpulan)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (432kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Full Text Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tantangan terbesar dalam era pembelajaran abad 21 adalah bagaimana para pendidik bisa menghadapi tantangan dan beradaptasi terhadap perkembangan era tersebut. Keberhasilan siswa dalam belajar juga dipengaruhi oleh kompetensi profesional yang dimiliki guru. Sehingga peran Kepala Sekolah sangat penting dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru untuk tetap bertahan dalam arus globalisasi dan memajukan sekolah yang dipimpinnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana peran strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di era pembelajaran abad 21 serta faktor pendukung dan penghambat peningkatan kompetensi profesional guru di SMK Pusat Keunggulan Al-Azhar Menganti.
Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SMK Pusat Keunggulan Al-Azhar Menganti Gresik secara intensif, terinci dan mendalam mengenai suatu peristiwa dan fenomena tertentu guna memperoleh informasi yang valid.
Hasil penelitian menunjukan 1) Peran Kepala Sekolah sebagai manajer, (educator) pendidik, dan sebagai motivator sebagai cara meningkatkan kompetensi profesional guru; 2) peran strategis Kepala Sekolah yakni memberikan program pelatihan-pelatihan, workshop, dan in house training sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional guru secara digital dalam menghadapi tuntutan dan tangangan pembelajaran abad 21, membantu guru didalam meningkatkan kualitas kinerjanya dan sarana memadukan antara kurikulum yang diterapkan di sekolah dengan kebutuhan Dunia Industri; 3) Faktor yang mendukung adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, Tanggung jawab guru yang kuat. Kemauan untuk terus belajar, dan motivasi yang tinggi dalam berkreasi serta berinovasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Faktor ketidakmampuan manajemen masalah secara personal, kurangnya kemampuan memanajemen waktu Faktor biaya, lokasi, keluarga dan keterbatasan fasilitas sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Supervisor Prof. Dr. Eng. H. Fadly Usman, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Pembelajaran Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 04:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 04:57 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3290 |
Actions (login required)
View Item |