Adesisilia, Mokodompit (2022) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS di KELAS KHOS MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL PACET MOJOKERTO). Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text (Skripsi Full)
skripsi full adE rep.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peran guru adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam suatu peristiwa, sehingga peran guru ini sangat penting dalam suatu pembelajaran, Aqidah ini menekankan pada kemampuan untuk memahami keimanan dan keyakinan Islam agar memiliki keyakinan yang kokoh dan bisa mempertahankan keimanannya serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Asmaul Husna. Dan Akhlak juga menekankan pada pembiasaan untuk menerapkan dan menghiasi diri dengan akhlak terpuji, menjauhi segala larangan serta menghindari diri dari akhlak tercela di kehidupan sehari-hari.Prestasi belajar siswa yaitu hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam penguasaan pengetahuan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Kelas khos merupakan kelas yang dikhususkan untuk siswa yang berkeinginan melanjutkan ke perguruan tinggi di timur tengah sehingga kelas khos ini dalam berbahasa arab sangat mahir dan kelas khos juga mendapatkan program tahfid. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran aqidah akhlak di kelas khos Madrasah Bertaraf Internasional Pacet Mojokerto, 2) Untuk menganalisis peran guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas khos Madrasah Bertaraf Internasional Pacet Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak kelas Khos di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, yaitu 1) kelas khos adalah kelas timur tengah, 2) di akhir kelas X di seleksi untuk masuk ke kelas khos, 3) di kelas XI di wajibkan khatam kitab imriti dan hafal 251 bait, 4) kelas khos mendapatkan program tahfid, 5) pembelajaran aqidah dan akhlak yang sudah di berikan kepada siswa harus di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, 6) kelas khos mahir berbahasa arab, 7) di akhir kelas XII mengulang materi yang sudah diberikan, 8) koordinator memantau siswa kelas khos masuk ke timur tengah. Peran guru pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas Khos di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, yaitu 1) kelas khos menguasai kitab, bahasa arab dan bidang agama, 2) Alumni mampu menjadi ketua himpunan dan pengurus di timur tengah, 3) Mengembangkan perangkat pembelajaran, 5) fokus materi untuk tes ke timur tengah, 6) Menjadwalkan try out tiap minggu, 7) membekali siswa khos untuk menguasai tahdid standar perguruan Timur Tengah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Aqidah Akhlak, Prestasi Belajar, Kelas Khos |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 09:44 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 09:44 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
View Item |