Muhammad, Dimas Abdul Majid (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (511kB) |
|
Text (BAB 1)
Bab 1 Pendahuluan.docx.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (618kB) |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualifikasi profesional guru, maka perlu adanya seorang kepala sekolah dalam suatu lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Peran kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai pengaruh yang besar terhadap terciptanya pendidikan yang bermutu, oleh karena itu kepala sekolah perlu meningkatkan profesionalisme guru.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Islam Brawijaya Mojokerto, apa faktor penghambat dan faktor pendukung kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Islam Brawijaya Mojokerto.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang menitik beratkan pada observasi yang mendalam untuk dapat melakukan kajian terhadap suatu fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan informan guru. Peneliti dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Teknis analisis data menggunakan metode pengumpulan data, minimalisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Islam Brawijaya Mojokerto membuktikan bahwa : kepala sekolah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan mengevaluasi program supervisi akademik dengan menciptakan rasa kekeluargaan. Yang dimana kepala sekolah juga mempunyai beberapa kompetensi diantaranya memiliki teladan yang baik, memiliki inovasi baru dan melaksanakan supervisor meliputi kunjungan ke setiap kelas, melaksanakan rapat, serta mengadakan pertemuan pribadi. Adapun pendekatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah ialah dengan cara pendekatan langsung, pendekatan tidak langsung dan pendekatan kolaboratif. Adanya faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi ini ialah waktu, banyaknya kegiatan kepala sekolah yang dilakukan diluar sekolah dan rasa sungkan terhadap guru senior. Kemudian faktor pendukungnya ialah adanya hubungan yang baik antar guru dengan kepala sekolah, membentuk tim penjamin mutu pendidikan dan sarana prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Profesionalisme Guru |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 09:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 09:40 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3229 |
Actions (login required)
View Item |