STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MI AL HIDAYAH TROWULAN)

Ulil, Uyunin Nuhiyah (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MI AL HIDAYAH TROWULAN). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis full rep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan yaitu berupa pergaulan seks bebas, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, pornografi, perkosaan, perampasan, gemar menyontek, kebiasaan bullying di sekolah, dan tawuran dan perusakan milik orang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut muncul Strategi pembelajaran Aqidah Akhlak untuk mengembangkan potensi spiritual, sebab pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan pembelajaran yang memperhatikan peran untuk meningkatkan kesadaran beribadah dan menanamkan nilai-nilai positif ke dalam kehidupannya. Strategi pembelajaran akan berpengaruh terhadap sikap dan respon siswa dalam menerima pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Implementasi Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Al Hidayah Trowulan Kecamatan Trowulan, dan Menganalisis Bagaimana Implikasi Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Al Hidayah Trowulan Kecamatan Trowulan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Kehadiran peneliti sangat penting untuk menghasilkan instrumen pendukung melalui wawancara, observasi, dokumentas. Lokasi penelitian yaitu di MI Al Hidayah Trowulan Jl. Kasiyan No. 01 Domas Trowulan. Data dan sumber data yang peneliti gunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan observasi. Ada empat langkah Teknik analisis data yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Teknik uji keabsahan penelitian ini yaitu Kreadibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas Konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Al Hidayah Trowulan yaitu: Tanggung jawab, Disiplin, Diskusi, Kreativitas, Inovatif, Membuat perangkat pembelajaran, Kolaborasi, Menyiapkan administrasi pendataan, Guru Aqidah Akhlak menerapkan Strategi pembelajaran agar siswa lebih mudah menangkap, memahami, mengerti, dan mempraktikkan, dan Memakai strategi-strategi yang sudah dipersiapkan. Implikasi Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Al Hidayah Trowulan yaitu Pembelajaran menjadi Efektif, Kompetensi atau tujuan pembelajaran tercapai, Dukungan, motivasi dan kolaborasi agar tujuan pembelajaran tercapai, Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam tentang akhlak, Menghayati dan meyakini dengan keyakinan yang benar, Memahami dan mengerti akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela, Meningkatkan mutu kualitas pembelajaran, Meningkatkan kemampuan afektif, kognitif dan psikomotorik siswa, dan Dalam strategi pembelajaran Aqidah Akhlak siswa mampu mempraktikkan akhlak-akhlak terpuji, dan Ibadah menjadi giat dan istiqomah, memilah dan memilih pergaulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teacher Strategy, Learning, Aqidah Akhlak
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:17
Last Modified: 22 Jul 2024 08:17
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item