Rendra, Tri Satya Putra (2022) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN “KARTU DOMAT” (KARTU DOMINO MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI PANCASILA GONDANG. Diploma thesis, Institut pesantren kh. abdul chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (463kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia. Pendidikan di Indonesia saat ini belum dikatakan baik. Terutama pada pendidikan matematika. Hal itu ditandai masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil PISA 2018 menjelaskan bahwa Indonesia berada di peringkat 73 dari 79 negara. Pembelajaran matematika umumnya masih menggunakan model pembelajaran demonstrasi sehingga pembelajaran matematika kurang dipahami oleh peserta didik. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu DOMAT merupakan pembelajaran yang menghubungkan pembelajaran dengan persoalan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, dengan menggunakan media kartu DOMAT (Domino Matematika) sebagai media pembantu dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pembelajaran kontekstual dengan media kartu DOMAT (Domino Matematika) terhadap hasil belajar pada materi bangun datar matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Two Group Ppre-Test Post-Test Design, dengan populasi terdiri dari 74 peserta didik yang merupakan jumlah peserta didik kelas 4 dan kelas 5 di MI Pancasila, dan dipilih 50 peserta didik kelas IV sebagai sampel dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji N-Gain didapatkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen (pembelajaran kontekstual dengan media kartu DOMAT) adalah sebesar 0,575 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata N-Gain Score pada kelas kontrol (pembelajaran konvensional) adalah sebesar 0,289 termasuk dalam kategori rendah. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran kontekstual dengan media kartu DOMAT lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (pembelajaran langsung) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Media Kartu DOMAT, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 10:16 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 10:16 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |