PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V B TEMA 6 MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI MI NURUL FALAH KUTOREJO

Aisyah, Aisyah Faradila and Akhmad, Akhmad Fauzi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V B TEMA 6 MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI MI NURUL FALAH KUTOREJO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 (Kesimpulan & Penutup))
BAB V (Kesimpulan Dan Penutup).pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru, selain itu disebabkan ketika mengajar, guru belum memanfaatkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas V B tema 6 materi panas dan perpindahannya di MI Nurul Falah Kutorejo dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VB tema 6 materi panas dan perpindahannya di MI Nurul Falah Kutorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V B tema 6 materi panas dan perpindahannya di MI Nurul Falah Kutorejo dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V B Tema 6 materi panas dan perpindahannya di MI Nurul Falah Kutorejo. Menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif pre - eksperimental design one group pretest-posttest design. Populasi penelitian berjumlah 21 orang. Tes tertulis, atau soal, adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil rata-rata sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 23,47 dan rata-rata setelah di berikan perlakuan model Problem Based Learning memperoleh hasil sebesar 78,57, maka dari itu adanya peningkatan sebesar 55,1, kemudian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa materi panas dan perpindahannya, kemudian nilai setelah dilakukan perhitungan Ngain Ternormalisasi pada rata-rata skor pretest-posttest diperoleh nilai Ngain sebesar 78,25 hal ini menunjukkan dalam presentase Ngain berkategori sangat afektif. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B pada materi panas dan perpindahannya di MI Nurul Falah Kutorejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 01 Jun 2024 10:02
Last Modified: 01 Jun 2024 10:02
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item