MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK NU LOSARANG

Agung, Rohmadi (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK NU LOSARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (728kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Agung Rohmadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMK NU Losarang. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, para wakasek, guru mata pelajaran, staff TU dan siswa, serta informan lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen perencanaan, pengadaan, evaluasi dan implikasi sarana dan prasarana di SMK NU Losarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK NU Losarang terdiri dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan evaluasi. (1) Perencanaan sarana dan prasarana di SMK NU Losarang dilakukan secara bertahap yang diawali dengan analisis kebutuhan melalui pendataan dalam forum rapat dewan guru beserta staff dan karyawan. (2) Pengadaan sarana dan prasarana di SMK NU Losarang dilakukan dengan berbagai cara. Sarana dan prasarana diperoleh dari hasil pengajuan bantuan ke berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, perorangan dan lain-lain. (3) Evaluasi manajemen sarana prasarana sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan dengan cara laporan secara lisan maupun laporan tertulis yang dilakukan pada; (a) evaluasi mingguan; (b) evaluasi bulanan; dan (c) evaluasi tahunan. (4) Implikasi dari manajemen saran dan prasarana di SMK NU Losarang semakin terlihat dengan meningkatnya kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 18 May 2024 11:34
Last Modified: 18 May 2024 11:34
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item