KREATIVITAS GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH SMP NEGERI 16 GRESIK

Imam, Alamuddin (2024) KREATIVITAS GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH SMP NEGERI 16 GRESIK. Masters thesis, Universitas Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full (Imam Alamuddin).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kreativitas guru agama adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang pendidikan agama Islam, Oleh karena itu guru yang kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang perkembangan pendidikan agama Islam pada saat ini dan akan datang sebagai Usaha untuk meningkatkan efektifitas pendidikan agama Islam.
Penelitian ini mendiskripsikan: Pertama, untuk menganalisis Kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Smp Negeri 16 Gresik. Kedua, untuk menganalisis implikasi kreativitas guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan prestasi akademik peserta didik di SMP Negeri 16 Gresik. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya ialah informan yang terlibat langsung dalam penerapan kegiatan pembelajaran guru Pai dan Peserta didik.
Hasil dari penelitian yang telah diteliti oleh penulis yaitu: Pertama, Implementasi Kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Smp Negeri 16 Gresik. Guru memanfaatkan tiga metode pembelajaran, diantaranya a) Metode Tutor Sebaya adalah suatu strategi pembelajaran yang koperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja sama, b) Metode Discovery Learning adalah memahami konsep, arti dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan, c) Problem Besed Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang menuntut siswa untuk terampil dan peka terhadap pemecahan masalah yang ada di lingkungan. Kedua, implikasi kreativitas guru pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi akademik peserta didik di Smp Negeri 16 Gresik: a) Metode Discovery Learning, b) Problem Besed Learning, c) Problem Besed Learning, dari beberapa metode yang di gunakan guru Pai siswa mampu memahami materi dengan baik sehinggah berpengaruh terhadap nilai yang di peroleh, terbentuk karakternya karena interaksi pembelajaran dan juga materi perihal sikap, adab dan juga prilaku mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru Pai, Prestasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 May 2024 08:49
Last Modified: 14 May 2024 08:49
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item