IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL I-KURMA DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 BSI KCP MOJOKERTO-MOJOSARI

Nur, Haqimah (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL I-KURMA DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 BSI KCP MOJOKERTO-MOJOSARI. Diploma thesis, Universitas Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi Lembaga Keuangan khususnya Perbankan Syariah untuk menjaga eksistensi UMKM. Salah satu solusi untuk tetap menjaga eksistensi UMKM adalah bantuan keuangan kepada para pelaku UMKM melalui pembiayaan. Melihat hal itu, BSI KCP Mojokerto Mojosari tanggap melakukan akselerasi pengembangan teknologi digital melalui sejumlah terobosan layanan dan inisiatif program. Salah satunya dengan penggunaan aplikasi i-Kurma untuk memproses pengajuan pembiayaan. Salah satu tujuan penggunaan aplikasi i-Kurma dalam penyaluran pembiayaan mikro UMKM adalah agar proses cepat dan terukur sehingga nasabah UMKM tetap bisa survive di tengah badai COVID-19. Persoalan yang akan dikaji dalam spenelitian ini adalah bagaimana implementasi layanan digital i-Kurma dalam penyaluran pembiayaan mikro UMKM.
Berdasarkan karateristik masalah yang diteliti penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan digital i-Kurma di BSI KCP Mojokerto Mojosari dalam memproses pembiayaan mikro UMKM dapat dikatakan sudah efektif. Dengan adanya aplikasi i-Kurma maka pihak perbankan khususnya tenaga mikro sudah memanfaatkan perkembangan teknologi dalam memproses pembiayaan mikro sehingga proses pencairan bisa lebih cepat. Selain itu, hadirnya aplikasi i-Kurma menjadi bukti kesiapan dari BSI KCP Mojokerto Mojosari dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan era digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Aplikasi i-Kurma, Pembiayaan Mikro UMKM.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 PS IKHAC
Date Deposited: 30 Apr 2024 11:12
Last Modified: 30 Apr 2024 11:12
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item