STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs PLUS AL-HIKAM SUMEDANG

Sumpena, Saripudin (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs PLUS AL-HIKAM SUMEDANG. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Sumpena.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya‘ kinerja‘ guru‘ ‘dalam‘ menjalankan ‘tugas dan‘ pengabdiannya‘ sebagai ‘pendidik, fenomena ‘ini melanda‘ berbagai‘ ‘aspek kehidupan ‘utamanya ‘di ‘lingkungan ‘pendidikan, dalam‘ hal ‘ini ‘guru merupakan ‘pemeran ‘utama ‘yang ‘mampu mencerdaskan‘ ‘manusia ‘supaya tujuan ‘pendidikan ‘dapat ‘tercapai ‘dengan‘ baik. Dalam hal ini kepala madrasah harus memiliki strategi untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Plus Al-Hikam Sumedang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MTs Plus Al-Hikam Sumedang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, komite, guru dan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) rencana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja terdiri dari: a) analisis lingkungan internal dan eksternal, yang menghasilkan gambaran mengenai kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman, b) melakukan koordinasi dengan wakil kepala masing-masing bidang untuk merumuskan program dalam meningkatkan kinerja guru, c) adanya sosialisasi yang dilakukan untuk menyampaikan perumusan strategi yang dihasilkan diantaranya diklat, workshop, penyuluhan, mendatangkan para ahli ke madrasah serta adanya studi banding, 2) pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: a) melakukan rapat koordinasi untuk meningkatkan kinerja guru, b) kepala madrasah mengirim guru yang telah dipilih untuk ikut workshop, c) pembinaan dari kepala madrasah langsung dengan cara berkomunikasi dengan baik mengajak ngobrol setelah ada masalah itu dibicarakan baik-baik setelah itu dicarikan jalan keluar bersama-sama. d) kepala madrasah memberikan motivasi yang sangat tinggi, e) adanya reward dari kepala madrasah kepada guru yang berprestasi, 3) pengawasan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi a) pengawasan langsung dari kepala madrasah, b) evaluasi setiap satu bulan sekali dengan seluruh wakil kepala dan tata usaha, c) penilaian di akhir tahun dengan PKG (Penilaian Kinerja Guru).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:42
Last Modified: 25 Mar 2024 05:42
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item