MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ESTAFET GELANG KARET DI RA TRI BHAKTI CLAKET KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

NURUL IMRO'ATUL, HABIBAH (2020) MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ESTAFET GELANG KARET DI RA TRI BHAKTI CLAKET KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO. Diploma thesis, INSTITUT KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan kinestetik anak akan berkembang dengan baik apabila diberikan stimulus yang tepat, untuk mengembangkan dan merangsang kecerdasannya. Salah satu upaya untuk mengembangkannya yaitu dengan melakukan pembelajaran melalui permainan. Dalam penelitian ini kendala yang didapat di RA Tri Bhakti Claket yaitu tingkat perkembangan kecerdasan kinestetik yang dimiliki anak masih dalam tahap mulai berkembang. Karena proses pembelajaran di RA yang kurang variatif, sehingga perlu adanya pengembangan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kecerdasan kinestetik pada siswa di RA Tri Bhakti Claket dan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan kinestetik setelah penerapan pembelajaran melalui permainan estafet gelang karet.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dan jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa RA Tri Bhakti Claket yang berjumlah 23 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penugasan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan estafet gelang karet dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Tri Bhakti Claket Pacet Mojokerto. Hasil ini dibuktikan melalui hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dari skor 70 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi skor 90. Sedangkan hasil observasi aktivitas anak pada siklus I memperoleh skor 70, juga mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85. Dalam penilaian hasil perkembangan kecerdasan kinestetik dalam setiap siklusnya juga mengalami perkembangan dari siklus I memperoleh nilai persentase 60% dengan kategori mulai berkembang (MB) pada siklus II terjadi peningkatan yakni memperoleh nilai persentase 82% dengan kategori berkembang sangat baik (BSH). Peningkatan juga terlihat pada nilai rata-rata di setiap siklusnya yaitu pada pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 60 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 76 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dari pemaparan data yang diperoleh mulai dari kegiatan belajar, ketuntasan belajar dan nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II telah mengalami perkembangaan dengan melebihi indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik, Bermain Estafet Gelang Karet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 02 Mar 2024 07:27
Last Modified: 02 Mar 2024 07:27
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item