GAYA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN LAMPUNG SELATAN

MUHAMMAD, ABDUL AZIZ (2021) GAYA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVEN & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Abdul Aziz, Muhammad 2021, Gaya Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Lampung Selatan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Pembimbing: Andika Aprilianto, M.Pd. I
Kata kunci: gaya kepemimpinan, kinerja pendidik, pesantren
Gaya kepemimpinan seorang kyai didalam pondok pesantren merupakan suatu usaha dalam memberikan bimbingan terhadap pendidik di pondok pesantren yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sehingga pondok pesantren akan menjadi lebih maju serta melahirkan para santri yang berprestasi dan tercapainya suatu tujuan di pondok pesantren hidayatul mubtadi-ien Lampung Selatan.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah Bagaimana gaya kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kinerja pendidik dan apa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kinerja pendidik di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Lampung Selatan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, conclusion, drawing/verification dengan desain triangulasi sumber.
Hasil penelitian dari gaya kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kinerja pendidik di pondok pesantren hidayatul mubtadi-ien Lampung Selatan terdapat empat indikator yaitu: membimbing, mengarahkan, mendorong, menggerakan. Adapun dalam pelaksanaanya kyai melaksanakan tugasnya sebagai seorang pemimpin di pondok pesantren yaitu dengan memberikan sebuah bimbingan yaitu membimbing para pendidik yaitu bertujuan untuk dapat mempermudah dalam proses pembelajaran, kyai dalam memberikan sebuah dorongan dengan memberikan sebuah motivasi yang mempunyai tujuan untuk memberikan rasa semangat terhadap pendidik, kyai dalam menggerakkan pendidik yaitu dengan memberikan tugas dan tanggung jawab terhadap pendidik sesuai pada bidangnya masing-masing. Mengarahkan yaitu kyai selalu mengarahkan para pendidik dilaksanakannya musyawarah antara kyai dan para pendidik untuk diberikan sebuah strategi atau langkah-langkah dalam hal pembelajaran.
Adapun faktor penghambat yaitu santri sulit diatur, sarana dan prasarana yang tidak terjaga, latar belakang santri. Dari segi faktor pendukung yaitu peran kyai Imam Mas’ud, kinerja yang baik dari pendidik, pengawasan pendidik terhadap santri, dan dukungan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI IKHAC
Date Deposited: 26 Feb 2024 10:48
Last Modified: 26 Feb 2024 10:48
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item