M, Mujabun (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWAROH JOMBANG. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (342kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (Tesis Full)
tesis Full repst.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum menempati posisi paling urgen di dalam dunia pendidikan. Manajemen kurikulum memiliki empat prinsip, yaitu: 1) Selain tolak ukur tujuan pembelajaran yang menjadi prinsip mendasar tujuan pendidikan Islam, terdapat pula prinsip demokratisasi, produktivitas, efisiensi dan efektivitas, kooperatif dan mengarahkan pada visi dan misi yang telah ditetapkan di kurikulum pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dalam kondisi alamiah (natural setting). Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengungkap bagaimana perencanaan kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 2) Untuk mengungkap bagaimana implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 3) Untuk mengungkap bagaimana evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) perencanaan kurikulum dilaksanakan dalam beberapa program kegiatan berikut; a) pengorganisasian subject curriculume (pemetaan materi, buku ajar dan kategori ilmu), b) Penentuan Kalender pendidikan, Pekan Efektif dan kegiatan selama satu tahun, c) Penyusunan Perangkat pembelajaran (silabus, prota, promes dan RPP). 2) Implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) koreksi perangkat pembelajaran, b) pengawasan kegiatan belajar mengajar. 3) Evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) Evaluasi input; penerimaan santri baru, penyusunan dan perumusan kurikulum, b) evaluasi procces; kegiatan implementasi kurikulum, pengawasan, dan kegiatan belajar mengajar, c) evaluasi output; hasil belajar santri dan prestasi santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum, Mutu Pendidikan |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 08:41 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2668 |
Actions (login required)
View Item |