M, Mubarok (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MA DARUL HIKMAH MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (27kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FULL M MUBAROK sudah terisi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; strategi Kepala Madasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian dilaksanakan di MA Darul Hikmah Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara, observasi dan Dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi: sumber data primer yakni wawancara dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala, Tenaga Pendidik dan Kependidikan MA Darul Hikmah; dan sumber data sekunder yakni berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa (a) peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di MA Darul Hikmah belum maksimal. (b) Strategi yang dilakukan oleh kepala MA Darul Hikmah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu dengan meningkatkan kemampuan mengajar pendidik, melaksanakan supervisi secara rutin, mengoptimalkan penggunaan media dan sarana pendidikan, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan menerapkan peraturan dan tata tertib madrasah. (c) Faktor pendukung Kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah, yakni : lingkungan belajar yang kondusif, kerjasama kepala madrasah, pendidik yang kompeten dan motivasi guru untuk mendidik muridnya. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang belum terpenuhi dan kurangnya realisasi pendapatan dalam RAPBM terutama dalam pemasukan dana wali murid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Principal Strategy, Learning Quality |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:24 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2656 |
Actions (login required)
View Item |