IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS E-ASSESSMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO

akhid, afnan (2023) IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS E-ASSESSMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO. Masters thesis, Insitut pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover & abstrak)
cover abstrak akid.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1 akhid.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (bab v)
bab 5 akid.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (daftar pustaka)
3. Daftar Pustaka_Tesis_Akhid Afnan_Implementasi Penilaian Pembelajaran Fiqih Berbasis E-Asessment.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (full tesis)
full tesis akid2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1). perencanaan penilaian pembelajaran fiqih aspek pengetahuan, sikap berbasis E-Assessment di MIN 2 Mojokerto, (2) pelaksanaan penilaian pembelajaran fiqih aspek pengetahuan, sikap berbasis E-Assessment di MIN 2 Mojokerto, (3) pelaporan penilaian pembelajaran fiqih aspek pengetahuan, sikap berbasis E-Assessment di MIN 2 Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian meliputi Petama, Perencanaan, yaitu (1) E-Assessment dirancang pada proses dan diakhir pembelajaran, (2) Guru membuat RPP, jurnal, penilaian harian, (3) aspek penilaian sikap spiritual, sosial, pengetahuan, keterampilan, (4) menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen memenuhi kriteria valid, reliabel, objektif, praktis, mudah dilaksanakan, terdapat norma. Kedua, Pelaksanaan, yaitu (1). Guru masih ada kendala dalam penilaian ranah spiritual, sosial, keterampilan selama pembelajaran daring saat pandemi, (2). Hasil E-Assessment dapat diakses secara terbuka, (3) E-Assessment sudah mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar yang akan dicapai, daya dukung, karakteristik peserta didik, (4) Penilaian ranah spiritual (KI-1), ranah sosial (KI-2) berdasarkan penilaian diri, (5) Pelaksanaan E-Assessment ranah keterampilan KI-4 berdasarkan pengumpulan tugas foto dan video, (6) E-Assessment ranah pengetahuan atau KI-3 menggunakan E-Learning, Quizizz, dan Google Form, (7) Alokasi waktu E-Assessment lebih efektif dan efisien. Jika tidak sesuai tidak dapat diakses lagi, (8) Kendala teknis E-Assessment yaitu keterbatasan kuota, kesulitan jaringan/signal, (9) Hasil tugas belum seluruhnya dilakukan. Dua puluh persen mengumpulkan tugas melebihi waktu yang ditentukan, dan (10) menekankan kedalaman materi pengetahuan, keterampilan. Ketiga, Pelaporan, yaitu seluruh aspek pencapaian kompetensi sikap spiritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4). Penilaian sikap spiritual meliputi berdoa, memberi salam, salat berjamaah, bersyukur. Penilaian sikap sosial meliputi kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, gotong royong. Penilaian KI-3 dari penilaian harian dan PAS/PAT. Penilaian keterampilan (KI-4) dari unjuk kerja atau praktik atau portofolio. Laporan penilaian berupa nilai kuantitatif dikonversi dalam bentuk kualitatif secara deskriptif yang diperoleh dari pencapaian kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Pembelajaran Fiqih, E-Assessment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:46
Last Modified: 29 Dec 2023 08:46
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item