PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUCATOR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL (MBI) AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Ashari, Ashari (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUCATOR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL (MBI) AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Ashari FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuaan pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki gurunya. Kompetensi profesional guru akan berdampak pada kualitas proses pembelajaran. Sehingga diperlukan peran kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru. Dengan demikian maka perlu dilakukan kajian, penggalian data dan analisis lebih dalam lagi terkait 1) bagaimana peran kepala madrasah sebagai educator untuk meningkatkan kompetensi profesional guru; 2) bagaimana kompetensi profesional guru; dan 3) apa saja yang menghambat serta mendukung untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di MBI Amanatul Ummah.
Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana peran kepala madrasah sebagai educator untuk meningkatkan kompetensi profesional guru serta apa saja faktor yang menghambat dan mendukung untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di MBI Amanatul Ummah.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam mengenai suatu fenomena, kejadian, peristiwa, dan kegiatan atau aktivitas tertentu guna untuk memperoleh informasi yang mendalam terkait hal tersebut. Kehadiran peneliti sendiri sebagai instrument kunci yang akan menentukan keberhasilan atau ketercapaian pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik Analisi datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi, display dan verifikasi. Sedangkan Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukan 1) peran kepala madrasah sebagai educator menyarankan dan menganjurkan guru meningkatkan kompetensi profesional melalui lanjut pendidikan, workshop, seminar, penataran dan pelatihan. Kepala madrasah membimbing guru, mendorong guru meningkaatkan kemampuan dibidaang IPTEK dan menjadi tauladan yang baik bagi seluruh warga madrasah; 2) Kompetensi profesional guru di MBI Amanatul Ummah. Guru mengerti akan kewajibannya menjadi guru yang baik atau tidak sama sekali. Banyak guru yang telah tersertifikasi, kemudiaan banyak menerima penghargaan dari dalam maupun dari luar, serta pendidikan terakhir guru banyak yang s2 dan s3; 3) Adapun yang menghambat adalah jarak rumah guru dan madrasah jauh, kegiatan guru yang banyak, dan waktu yang terbatas karena padatnya kegiatan siswa. Sedangkan yang mendukung kepala madrasah memfasilitasi transportasi, kegiatan yang berhubungana dengan peningkatan kompetensi profesional guru. Pada umumnya siswa-siswa yang pintar. Serta adanya pemberian reward kepada guru terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Educator, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:36
Last Modified: 22 Dec 2023 08:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item