Abdulloh, Sattar (2023) IMPLEMENTASI METODE AL MIYAH UNTUK MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KAIDAH NAHWU SISWA KELAS III MADRASAH DINIYAH PROGRESIF BUMI SHALAWAT SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (461kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (455kB) |
|
Text (TESIS ABDULLOH SATTAR 201502022003)
TESIS ABDULLOH SATTAR 201502012003.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran nahwu dengan metode Al Miyah merupakan hasil gabungan dari beberapa metode pembelajaran seperti metode ceramah untuk menerangkan materi pelajaran nahwu, buku ini juga menerapkan metode bernyanyi dan sorogan, metode ini digunakan untuk memberi stimulus serta mempermudah siswa menghafal materi pelajaran, sehingga motivasi dan kemampuan siswa dalam memahami dan mempelajari kaidah nahwu sangat sangat baik. Materi pembelajaran yang disusun sangat mudah untuk dipahami siswa. Sehingga meskipun peserta didik sibuk belajar pelajaran umum, tapi bisa diimbangi dengan pembelajaran agama yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pembelajaran metode Al Miyah untuk motivasi belajar dan pemahaman kaidah nahwu siswa. Untuk menganalisis implementasi metode Al Miyah untuk motivasi belajar dan pemahaman kaidah nahwu siswa. Untuk menganalisis hambatan dalam implementasi metode Al Miyah untuk motivasi belajar dan pemahaman kaidah nahwu siswa.
Metode kualitatif akan digunakan pada penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis kejadian, aktifitas dan peristiwa baik perorangan atau kelompok.
Hasil penelitian bentuk metode Al Miyah berupa ceramah untuk menyampaikan materi, lagu untuk mengingat materi dan sorogan ubtuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi. Sedangkan implementasinya berupa pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Hambatan-hambatan yang dialami adalah kurangnya kooordinasi antar guru, latar belakang siswa, tidak sesuai minat dan kelelahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Al Miyah, Kaidah Nahwu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 09:28 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 09:28 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2563 |
Actions (login required)
View Item |