Peran Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah

Ahmat, Nurulloh (2020) Peran Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Diploma thesis, Institut pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover & Abstrak)
1-COVER & ABTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB I)
2-BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB V)
3-BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5-SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peranan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah? 2) Bagaimana profesionalisme guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis peran kebijakan kepala madrasah dalam profesionalisme guru dan bagaimana profesionalisme guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah?
Metode penelitian yang digunkan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan tektik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawacanra. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka keguruan dan guru-guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kepala madrasah di MTs Unggulan Hikmatul Amanah cukup baik, dalam hal ini peran kebijakan kepala madrasah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru sangat dominan. Kepala madrasah meimplementasikan kebijakan dengan cara mengadakan rapat bulanan; memberikan tugas; mengadakan diklat, seminar, workshop; memberikan reward/tunjangan kepada guru yang berprestasi dan sanksian kepada guru yang melanggar kebijakan di madrasah. Profesionalisme guru ditingkatkan dengan baik, terlihat pada: kedisiplinan keaktifan dalam pembelajaran; pengembangan keahlian, dan mampu menguasai materi dalam pembelajran.
Adapun kesimpulan penelitian ini bahwa: 1) kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan peningkatan komunikasi pribadi, mampu memahami keadaan, inspirasi dan motivasi guru-guru. 2) Guru secara pribadi harus meningkatkan kompotensi-kompotensinya untuk kebijakan kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan kepala madrasah; Profesionalisme guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 Mpi Ikhac
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:07
Last Modified: 21 Aug 2020 04:07
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item